Tips Tata Ruang Pada Desain & Model Rumah Minimalis Modern

Posting Komentar

Bunda Roheina - Membangun sebuah tempat tinggal minimalis kini semakin banyak digemari masyarakat. Banyak keuntungan dengan membangun rumah minimalis. Selain hemat lahan, membangun landed house minimalis sederhana juga membutuhkan dana yang lebih rendah dibanding dengan rumah mewah. Lalu bagaimana membuat desain & model rumah minimalis modern yang hemat biaya?

Rumah minimalis modern dewasa ini seringkali diadopsi oleh keluarga mileneal. Jika Anda termasuk ke dalam salah satu keluarga tersebut dan mendambakan sebuah rumah minimalis sebagai tempat huniannya. Maka Anda dapat mencari tips bagaimana membuat denah & gambar rumah minimalis yang dapat dijadikan inspirasi untuk membangun sebuah tempat hunian untuk keluarga. 


Lahan yang semakin terbatas, maka akan membuat bangunan rumah semakin kecil. Saat ini, rumah minimalis semakin banyak diminati oleh masyarakat. Namun, ukuran rumah yang kecil bukan berarti tidak nyaman untuk ditempati. Jika Anda mengetahui tips dan trik membuat desain rumah minimalis, maka rumah tersebut menjadi lebih nyaman dan tampak modern. 

Berikut ini beberapa tips membuat desain & model rumah minimalis modern yang dapat Anda jadikan inspirasi saat membangun sebuah tempat hunian. 

1. Maksimalkan semua ruangan yang ada
Jangan membuat rumah Anda yang memang sudah sempit menjadi lebih sempit lagi dengan menempatkan furniture atau barang-barang yang tidak perlu ada di dalamnya. Hal itu akan memberikan kesan penuh pada rumah Anda dan membuat penghuninya merasa tidak nyaman untuk tinggal di dalamnya.

Hal lain yang harus diperhatikan yaitu menjaga rumah minimalis Anda tidak terlalu banyak dengan perabotan yang diletakkan di lantai rumah. Anda dapat memanfaatkan rak dinding untuk menyimpan buku dibanding Anda harus menggunakan meja atau alamari buku. 

Selain itu, Anda juga dapat menempelkan TV pada dinding daripada menggunakan set model lama yang memakan ruang di rumah Anda. 



2. Aplikasikan warna yang tepat
Pemilihan warna yang tepat untuk rumah minimalis juga akan mempengaruhi keindahan rumah. Mengecat ruangan dengan warna putih atau warna yang lebih cerah akan memberikan kesan yang lapang dan luas. Agar ruangan terlihat lebih luas, jangan mengaplikasikan terlalu banyak warna. 

Pilihlah warna-warna soft seperti ungu muda, hijau muda coklat muda atau warna-warna soft yang lainnya. Bahkan warna abu-abu muda dengan aksen kayu menjadi trend saat ini dan banyak peminatnya. Desain rumah dengan warna-warna terang dapat Anda coba jika Anda sedang berencana untuk membangun sebuah rumah hunian.



3. Hindari pembatas ruangan yang berlebihan

Pada saat membuat pembatas ruangan maka harus dipikirkan dengan baik, ketika akan membentuk desain rumah minimalis. Sebaiknya hindari pembatas ruangan secara berlebihan, karena pembatas ruangan yang berlebihan akan membuat ruangan di rumah Anda menjadi semakin sempit. 

Untuk menyiasati hal tersebut, Anda bisa membuat desain ruangan tanpa sekat dinding dan digantikan dengan menggunakan perabot yang memiliki fungsi sebagai penyekat. Misalnya saja, rak sederhana yang unik yang dapat digunakan untuk meletakkan barang-barang hiasan di rumah Anda atau dimanfaatkan sebagai rak buku.

4. Menggunakan perlengkapan rumah tangga yang unik
Saat ini banyak tersedia berbagai jenis perabotan unik, baik dari segi desain maupun warnanya. Rumah minimalis modern, harus memiliki konsep perabotan yang sederhana tetapi unik, sehingga menampilkan kesan yang berbeda. Selain itu Anda juga dapat membeli vase bunga minimalis untuk diletakkan pada rak tersebut agar Anda tidak merasa bosan. 

5. Pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik
Jika Anda memiliki rumah yang menghadap ke arah terbitnya matahari, hal itu sangat bagus karena rumah Anda akan mendapatkan manfaat dari sinar matahari pagi. Selain baik untuk kesehatan, hal tersebut juga dapat mengurangi kelembapan yang ada di ruangan dalam rumah Anda. 

Selain itu, Anda harus membuat jendela yang lebar sehingga dapat bermanfaat secara optimal. Anda juga harus membuat penerangan di rumah agar tidak terlihat suram atau remang-remang. Untuk itu, maka harus menggunakan penerangan yang cukup, sehingga ruangan akan terlihat lebih lega.

6. Gunakan cermin
Semakin banyak ukuran cermin di rumah Anda, maka akan semakin baik. Kenapa? karena cermin memiliki sifat mematulkan bayangan yang akan menciptakan ilusi optic. Sehingga ruangan seoalah-olah bertambah luas. Hal ini sangat bermanfaat untuk rumah minimalis Anda, karena ruangan akan berkesan menjadi lebih luas atau terdapat ruangan baru.

7. Objek untuk mengalihkan perhatian
Untuk membuat desain & model rumah minimalis, Anda dapat menambahkan lukisan besar dengan gambar yang menarik dan akan menjadi fokus utama tamu atau orang yang berada di dalam ruangan tersebut. 

Lukisan selain bisa membuat rumah Anda menjadi lebih menarik, namun juga akan mengalihkan perhatian tamu dari kondisi rumah Anda yang sempit. Namun perlu Anda ingat, jangan menggunakan perabot yang besar untuk ditaruh di lantai, karena hal itu akan memakan banyak tempat dan menyebabkan rumah menjadi semakin sempit.

8. Kondisikan rumah selalu dalam keadaan bersih dan rapi
Seperti penjelasan di atas, hindari menggunakan perabotan yang besar dan memakan tempat, apalagi barang-barang yang tidak penting di dalam rumah Anda. Jika di rumah Anda terlalu banyak barang yang menumpuk, maka akan menimbulkan kesan ruwet sehingga menyebabkan penghuninya menjadi tidak betah tinggal di rumah.

Bukan hanya itu saja, rumah yang dipenuhi dengan banyak barang akan membuat orang merasa tidak nyaman. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan peletakan barang-barang dengan membuat kesan yang sederhana. Buatlah sedemikan rupa, namun mudah saat Anda membersihkan rumah tersebut.

Rumah yang bersih dan rapi akan membuat perasaan senang, nyaman dan menghindarkan diri dari stress. Untuk itu, barang-barang kebersihan seperti sapu, kain pel, vacum cleaner, sabun dan sebagainya juga harus ditempatkan pada satu tempat agar terlihat rapi. 

Akan lebih baik lagi, jika Anda buatkan lemari untuk penyimpanan barang- barang tersebut sehingga ruangan akan terlihat tetap tertata rapi. 

9. Desain tang seramping mungkin
Jika dalam rumah minimalis Anda terdapat tangga, sebaiknya buatlah tangga seramping mungkin. Hal ini untuk menghemat ruang yang ada di rumah Anda. Anda disarankan untuk meletakkan tangga di bagian ujung, sehingga tidak mengganggu pemandangan dan menghabiskan banyak tempat di ruang utama. 

Selain itu, Anda juga dapat membuat desain tangga dengan arah yang bervariasi tidak harus dengan tangga yang lurus. Hal ini dapat Anda lakukan untuk menghemat ruangan, karena tangga yang lurus lebih banyak menghabiskan tempat baik dilantai atas maupun di atasnya.

Menggunakan tangga berbentuk L merupakan solusi terbaik, jika tidak Anda juga dapat menggunakan tangga yang melingkar.

Beberapa tips membuat desain & model rumah minimalis agar tetap terlihat luas dan modern di atas, semoga dapat dijadikan inspirasi untuk Anda. Dengan memiliki rumah minimalis modern yang rapi, maka akan memberikan kenyamanan untuk penghuninya.

Related Posts

Posting Komentar